Pola Perkembangan Moral Anak

Perkembangan moral bergantung dari perkembangan kecerdasan. Ia terjadi dalam tahapan yang dapat diramalkan yang berkaitan dengan tahapan dalam perkembangan kecerdasan. Dengan berubahnya kemampuan menangkap dan mengerti, anak-anak bergerak ke tingkat perkembangan moral yang lebih tinggi. Sementara urutan tahapan perkembangan moral tetap, usia anak mencapai tahapan ini berbea menurut tingkat perkembangan kecerdasan mereka.
Pada waktu tingkat kecerdasan mencapai tingkat kematangannya, perkembangan moral harus mencapai tingkat kematangannya. Bila hal ini tidak terjadi, individu dianggap sebagai orang yang tidak matang secara moral. Yaitu seseorang yang secara intelektual mampu berperilaku moral secara matang, namun berperilaku moral pada tingkat anak-anak.
Diantara berbagai usaha untuk memperlihatkan bagaimanan perkembangan moral anak berkaitan dengan dan bergantung pada perkembangan kecerdasan, yang paling komprehensif ialah studi Piaget dan Kohlberg. Keduanya telah menunjukkan, berdasarkan penelitian terhadap anak berbagai usia, bagaimana perkembangan moral, dalam hal ini kemampuan melakukan penilaian moral, dalam dan perilaku yang sesuai dengan standar sosial yang disetujui, mengikuti pola yang dapat diramalkan yang berkaitan dengan urutan tahapan dalam perkembangan kecerdasan.
Sumber : Suara Terbaru

Info Menarik