Perkembangan Moral Anak

Perkembangan Moral - Moral berasal dari kata latin Mores yang berarti tatacara, kebiasaan dan adat istiadat. Yaitu perilaku yang sesuai dengan kode moral suatu kelompok. Sebelum membahas mengenai masalah perkembangan moral anak sekiranya perlu dijelaskan mengenai istilah-istilah seputar moral. Diantaranya yaitu Perilaku Moral, Perilaku Tak Bermoral dan Perilaku Amoral. Berikut mengenai pembahasannya.

Perilaku Moral
Yaitu perilaku yang telah sesuai dengan tatacara, kebiasaan dan adat istiadat suatu kelompok atau budaya dan perilaku sesuai yang diharapkan oleh anggota kelompok atau budaya tersebut.

Perilaku Tak Bermoral
Yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan harapan social. Perilaku demikian tidak disebabkan ketidakacuhan akan harapan social melainkan ketidak setujuan dengan standar social atau kurang adanya perasaan wajib menyesuaikan diri.

Perilaku Amoral
Yaitu perilaku yang lebih disebabkan ketidakacuhan terhadap harapan kelompok social daripada pelanggaran sengaja terhadap standar kelompok. Beberapa diantara perilaku salah anak kecil lebih bersifat Amoral daripada perilaku tidak bermoral.

Perkembangan moral mempunyai aspek kecerdasan dan aspek impulsive. Anak harus belajar apa saja perilaku yang benar dan perilaku yang salah. Selanjutnya setelah mereka cukup besar, mereka harus diberi penjelasan mengapa perilaku itu salah dan mengapa perilaku itu benar. Mereka juga harus diberi kesempatan untuk mengambil bagian dalam kegiatan kelompok sehingga mereka dapat belajar mengenai harapan kelompok. Lebih penting lagi mereka harus mengembangkan untuk melakukan hal yang benar, bertindak untuk kebaikan bersama dan menghindari perbuatan yang salah. Untuk menjamin kemauan untuk bertindak sesuai dengan cara yang diinginkan masyarakat, anak harus menerima persetujuan kelompok.

Baca Juga : Pola Perkembangan Moral Anak

Info Menarik