Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil

CONTOH GERAKAN SENAM UNTUK IBU HAMIL - Senam telah banyak dipercaya dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil. Manfaat senam bagi ibu hamil banyak sekali salah satunya adalah dapat membantu proses persalinan. Dalam melakukan senam ketika hamil yang perlu diperhatikan adalah disesuaikan dengan usia kandungan. Berikut contoh gerakan senam bagi ibu hamil :


Duduk bersila dan tegak kedua tangan mengarah ke depan relax. Dilakukn sebanyak mungkin sebagai posisi sehari-hari.


Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak antara kedua bahu, keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dan badan sejajar pada lantai. 


Tundukkan kepala, lihat perut bagian bawah dan pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan mengerutkan lubang dubur. Lantas turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan oto-otot dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali.




Sikap merangkak, letakkan kepala diantara kedua tangan lalu menoleh kesamping kiri-kanan. Kemudian turunkan badan sehingga dada menyentuh kasur dengan menggeser siku sejauh mungkin ke samping. Bertahanlah pada posisi tersebut selama 1 menit, kemudian ditingkatkan menjadi 5-10 menit atau sesuai kekuatan ibu hamil.



Berbaring miring ke kiri, lebih baik ke arah punggung bayi, lutut kanan ditekuk di depan lutut kiri dengan diganjal bantal. Lengan kanan ditekuk di depan dan lengan kiri diletakkan di belakang badan. 



Berbaring miring, kedua lutut ditekuk, di bawah kepala dan di bawah perut diberi bantal agar perut tidak menggantung. Tutupkan mata, tenang dan atur pernafasan dengan teratur dan berirama.



Berbaring telentang kedua kedua lutut dipegang oleh kedua tangan dan relax. Buka mulut secukupnya dan tarik sedalam-dalamnya, kemudian mulut ditutup lalu mengejan seperti buang air besar. Gerakannya ke bawah badan dan ke depan. Setelah itu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini sebanyak 3-4 kali dengan interval 2 menit.


Info Menarik