Cara Berhenti Merokok

Tips - Trik Berhenti Merokok | Merubah Kebiasaan Merokok Praktis - Merokok adalah kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan kita. Kandungan sebatang rokok diantaranya yaitu nikotin, tar dan zat kimia lain yang berbahaya bagi tubuh. Setiap orang sadar bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Tetapi bagi seorang perokok, menghentikan kebiasaan merokok adalah suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Meokok adalah suatu kebiasaan. Tidak ada kebiasaan yang tidak bisa dirubah. Begitu juga dengan kebiasaan merokok. Yang terpenting adalah adanya niat yang sungguh-sungguh seorang perokok untuk berhenti merokok. Berikut beberapa tips cara berhenti merokok :


- Niatlah dengan sungguh-sungguh untuk berhenti merokok
Jika seorang perokok ingin berhenti merokok maka harus ada niat yang besar dari dalam diri perokok. Hal ini penting karena tanpa adanya niat dari dalam perokok maka semua cara untuk menghentikan kebiasaan merokok akan sia-sia.

- Tunda keinginan untuk merokok
Bila anda ingin merokok maka tundalah beberapa waktu lagi. Semakin lama anda dapat menunda keinginan untuk merokok maka semakin sedikit jumlah rokok yang anda hisap setiap hari.

- Kurangi konsumsi rokok secara berangsur-angsur.
Menghentikan kebiasaan merokok secara langsung memanglah sangat sulit. Namun kebiasaan itu dapat kita rubah dengan cara perlahan tapi pasti. Misalnya dalam 1 hari anda menghabiskan 2 bungkus rokok, maka besok berusahalah untuk menguranginya menjadi 1,5 bungkus. Kemudian lusa 1 bungkus dan begitu seterusnya hingga anda berhenti merokok.

- Jangan biarkan diri anda diam tanpa melakukan suatu kegiatan
Keinginan merokok biasanya timbul di waktu kita tida dalam keadaan yang sibuk atau melakukan aktivitas. Maka jangan biarkan waktu anda dalam sehari lebih banyak diam atau menganggur. Carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh jika waktu luang seperti olahraga.

- Jauhi lingkungan para perokok.
Keinginan merokok juga bisa timbul ketika kita sedang berkumpul dengan para perokok lain. Misalnya sedang berkumpul dengan kawan-kawan lain yang punya kebiasaan merokok. Hal ini akan menimbulkan keinginan merokok.

- Bawalah selalu permen kemanapun anda pergi.
Kebiasaan merokok dapat dikurangi dengan mengunyah permen. Setiap keinginan merokok timbul maka mulut seorang perokok akan terasa asam jika tidak segera merokok. Maka ketika keinginan itu timbul segeralah engunyah permen. Demi kesehatan anda pilihlah permen yang rendah kalori.
Sumber : http://suaraterbaru.com/cara-berhenti-merokok/kesehatan/

Info Menarik