Manfaat Secangkir Kopi Bagi kesehatan Tubuh

MANFAAT KOPI - Membaca koran di pagi hari dengan secangkir kopi adalah memang suatu hal yang menyenangkan. Tentu kita sering mendengar akibat buruk jika kita sering mengkonsumsi kopi. Tapi tenang, ternyata minuman kopi juga memiliki manfaat bagi tubuh kita jika dikomsumsi secara tidak berlebihan. Mau tahu apa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita? Berikut beberapa manfaat minuman kopi :


  • Banyak peneliti di berbagai penjuru dunia yang melakukan penelitian manfaat tentang kopi. Hasilnya menjelaskan bahwa manfaat kopi dapat mencegah kita dari serangan diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini dikarenakan kandungan asam klorogenik dan zat trigonelin (pro vitamin B3) yang terdapat pada kopi dapat menghambat penyerapan gula, merangsang pembentukan hormon insulin dan GLP-1.
  • Harvard Women’s Health telah melakukan penelitian tentang kopi dan hasilnya menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menghindarkan kita penyakit diabetes tipe 2, kanker usus besar, Parkinson, batu ginjal, hingga sirosis/rusaknya fungsi hati, serta menghindarkan kita dari menurunnya daya kognitif otak.
  • Selain itu manfaat lain kopi bagi seorang atlet adalah dapat meningkatkan detak jantung kita, sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh dapat sampai secara lebih cepat. Hal ini tentunya tubuh akan tersedia energi yang cukup untuk melakukan aktivitas olahraga. Namun bagi seorang atlet yang mengkonsumsi kopi lebih dari 8 gelas akan dianggap menggunakan doping.
  • Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan kita. Karena memberikan pengaruh mempercepat denyut jantung.  Kita juga sering mendengar bahwa secangkir kopi dapat membuat kita susah tidur. Hal ini adalah benar, karena pengaruh kopi yang dapat meningkatkan denyut jantung ini tentu akan membuat kita susah tidur. Coba bayangkan memangnya siapa yang bias tidur dengan nyenyak jika jantung kita berdetak kencang? Hehehehe…



Info Menarik